bab 1 PENDAHULUAN

Posted: Agustus 9, 2010 in Uncategorized

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul
Seiring dengan perkembangan teknologi dan perkembangan era globalisasi yang berkembang semakin pesat, maka perusahaan bersaing untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dan berusaha untuk mendapatkan tujuan yang hendak dicapai.
Di zaman ekonomi global dengan tingkat teknologi tinggi, para pimpinan menjadi tergantung pada dukungan stafnya, karena di dalam sebuah perusahaan terdapat begitu banyak aktivitas kantor yang tidak dapat dilakukan oleh seseorang saja. Kondisi demikian membuat para pimpinan perusahaan membutuhkan jasa sekretaris yang lebih handal dan profesional dalam menjalankan kegiatan perusahaan yang sangat kompleks.
Fungsi dan peranan sekretaris semakin dibutuhkan oleh pimpinan. Para pimpinan dalam memanfaatkan waktunya lebih berkonsentrasi pada tugas managerialnya yang penuh tantangan itu dan segala pekerjaan staf didelegasikan kepada sekretarisnya.
Sekretaris adalah seseorang yang membantu seorang pemimpin atau badan pimpinan atau perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif yang akan menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional perusahaan. Seorang pimpinan memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam memimpin suatu perusahaan. Semua tugas pimpinan tersebut akan menjadi maksimal dengan adanya bantuan dari sekretarisnya
Dalam perusahaan andil sekretaris memiliki peranan yang besar. Sekretaris merupakan duta dari pimpinan untuk menangani klien yang akan bertemu dengan pimpinan. Sekretaris merupakan penghubung pimpinan dengan relasi atau pejabat yang akan mengadakan pembicaraan. Sekretaris memiliki tugas-tugas untuk membantu pimpinan menyiapkan agenda rapat, menyusun administrasi perusahaan, mengatur daftar kegiatan pimpinan, menangani telepon yang ditujukan untuk pimpinan dan menangani pembuatan laporan serta membuat notulen rapat. Dengan adanya sekretaris maka pimpinan akan lebih dapat bekerja dengan terfokus dan cepat.
Berlatar belakang dari uraian diatas, maka penulis tertarik membuat judul Tugas Akhir tentang “Tugas-Tugas Sekretaris Direktur Personalia dan Umum Pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan”
1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah Bagaimana Tugas-Tugas Sekretaris Direktur Personalia dan Umum pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan.
1.3 Tujuan Penulisan Tugas Akhir
Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui Tugas-Tugas Sekretaris Direktur Personalia dan Umum pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan.
1.4 Manfaat Penulisan Tugas Akhir
Adapun manfaat penulisan Tugas Akhir ini adalah:
1. Menambah pengetahuan bagi penulis tentang Adapun tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui Tugas-Tugas Sekretaris Direktur Personalia dan Umum pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan.
2. Memberikan informasi kepada pembaca mengenai Tugas Sekretaris Direktur Personalia dan Umum pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan
3. Sebagai bahan masukan kepada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan
4. Menambah bahan bacaan di perpustakaan Politeknik Negeri Medan
1.5 Sistematika Penulisan Tugas Akhir
Agar penulisan Tugas Akhir ini lebih sistematis dan terarah maka dibuat sistematika penulisan yaitu:
BAB 1 PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang hal-hal yang mendasari penulisan tugas akhir ini yaitu latar belakang pemilihan judul, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini penulis menguraikan pengertian sekretaris, jenis-jenis sekretaris , syarat-syarat sekretaris dan ruang lingkup tugas sekretaris.
BAB 3 METODE PENELITIAN
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang metode penelitian yang digunakan penulis dalam mengumpulkan data yang diperlukan yang terdiri dari cara pengumpulan data, jenis sumber data dan teknik analisis data.
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang pelaksanaan Tugas-Tugas Sekretaris Direktur Personalia dan Umum pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan dan membandingkannya dengan teori yang terdapat pada tinjauan pustaka.
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini penulis menguraikan simpulan dan saran dari permasalahan yaitu tentang Tugas-Tugas Sekretaris Direktur Personalia dan Umum pada PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan.

Tinggalkan komentar